Alun-alun Yogyakarta

Jogja punya dua alun-alun loh yaitu alun-alun utara(altar) dan selatan(alkid).
Altar
Alun-alun utara atau dalam Bahasa Jawa disebut Alun-alun Lor merupakan salah satu land mark Kota Yogyakarta yang berupa sebuah tanah lapang yang berada di depan Keraton Yogyakarta. Disebut Alun-alun Lor karena di Kota Yogyakarta terdapat dua alun-alun yang letaknya di sebelah selatan dan utara dari Keraton Yogyakarta, seperti yang Saya sebutkab diatas tadi. Alun-alun Lor berbentuk persegi dengan luas 150 x 150 meter dengan dua pohon beringin besar berpagar yang berada di tengah alun-alun. Sekarang jadi pusat perdagangan,pasar malam, pameran, dan juga yang ga ketinggalan adalah panggung hiburan rakyat.


Alkid
Alun-alun Kidul (Alkid) adalah alun-alun di bagian Selatan Keraton Yogyakarta yang terletak di belakang keraton. Disini juga ada dua pohon beringin besar yang diberi pagar makanya disebut dengan beringin kurung. Nah, diantara dua pohon itu terdapat dua celah. Dari tepi utara alun alun, berdiri menghadap ke selatan lurus dengan titik tengah antara dua pagar tadi, kemudian kedua mata anda di tutup dengan kain atau apa saja sehingga tidak bisa melihat. Jarak tepi alun alun ke pagar pohon beringin kira kira 50 m.

Alkid
Mitosnya siapa yang bisa melewati celah tersebut dengan mata tertutup, maka keinginannya bisa terwujud. Banyak yang udah nyoba, banyak juga yang gagal. Saya juga termasuk golongan yang gagal hahaha. Kelihatannya sih gampang, tapi susah banget. Perasaan udah jalan lurus, ternyata melenceng jauh banget. Katanya sih seberapa jauh melencengnya tergantung seberapa besar dosa dosa Anda (hahaha ada ada saja). Jangan terlalu percaya yah sama mitos seperti itu.

Penasaran?? Ayo, jangan pernah takut untuk mencoba...
Alkid



0 komentar:

Posting Komentar