Taman Sari - Yogyakarta

Bagian Depan (pintu masuk)
Tamansari adalah taman kerajaan atau pesanggrahan dan tempat tetirah dan bersemadi Sultan beserta keluarga. Tamansari bukan hanya sekedar taman kerajaan, namun bangunan ini merupakan sebuah kompleks yang terdiri dari kolam pemandian, kanal air, ruangan-ruangan khusus dan sebuah kolam yang besar (apabila kanal air terbuka).
Letak Tamansari ga jauh kok dari pusat Kota Jogja, hanya sekitar 0,5 km sebelah selatan Kraton Jogjakarta. Tempatnya nyaman, bersih, wangi  kembang dan terawat.  Apalagi kalau sudah masuk ruang bawah tanahnya. Ada hawa-hawa mistisnya gimanaaaa gitu. Dulu juga ada lorong bawah tanah yang menghubungkan Taman Sari dengan pantai Parangtritis, tapi sekarang udah ditutup karna dulu sempet ada orang yang nekat masuk dan hilang gitu ada tanpa ditemukan mayatnya. Padahal udah jelas-jelas peraturannya selain Pak Sultan, siapapun dilarang masuk. 
Kolam Pemandian


Tapi dibalik cerita mistis n mitos yang berkembang disana, secara keseluruhan tempatnya keren kok. Cocok buat menambah wawasan pengetahuan kita tentang peninggalan-peninggalan tempat bersejarah di negeri kita. Bangunannya juga masih berdiri kokoh.  Biaya masuknya Cuma Rp.3000 loh. Murah banget kan?Biasanya ramai pengunjung pada akhir pekan. Buat yang mau ke Jogja, jangan lupa mampir kesana yah....
Bagian Dalam
Sumur Gemuling

0 komentar:

Posting Komentar